Jumat, 03 Juni 2011

TINJAUAN SISTEM PENYULINGAN MINYAK KAYU PUTIH LA BARIDE

(Fakultas Teknik Jurusan Mesin -Unidayan- Jln. Sultan Dayanu Iksanudddin No. 100 Baubau) 

ABSTRACT
 

The research is aimed at analysing the effect of fouling toward the heat rapid the boiler wall which causing the drop of work effectivity  of the system. This is finally influence the product of oleum kayu putih.  

PENDAHULUAN

             Potensi industri kecil di daerah Maluku yang menggunakan bahan baku rempah-rempah yang cukup baik karena ditunjang oleh ketersediaan bahan bakunya yang banyak didaerah ini. Salah satu industri kecil yang dimaksud adalah produksi minyak kayu putih. Proses pembuatan minyak kayu putih ini menggunakan system destilasi atau penyulingan dengan menggunakan sebuah ketel sebagai komponen utama dan beberapa komponen pendukung seperti pipa-pipa kondensor untuk proses penyulingan dan penampungan hasil suling. Saat proses penyulingan berlangsung penempatan bahan dan fluida kerja berada pada satu ketel. Didalam ketel bahan baku daun kayu putih dan fluida kerja dibatasi oleh sebuah papan kayu yang berpori yang berfungsi sebagai sekat.   
           Akibat pemanasan yang kontinyu selama proses produksi maka pada dasar ketel yang diisi fluida kerja akan terjadi penumpukan kerak, selain itu dari bahan baku biasanya terdapat partikel kecil yang menyebabkan fouling.
            Jadi fouling pada dinding ketel disebabkan oleh dua hal yaitu kerak karena kwalitas air yang kurang baik dan kotoran dari bahan baku daun kayu putih yang tidak ikut menguap pada saat proses penyulingan.
Salah satu produsen minyak kayu putih di daerah ini adalah CV. HMT dan dari sumber diatas diperoleh bahwa setelah dipakai dalam jangka waktu 2 tahun, maka peralatan produksi mengalami penurunan efektifitas
dalam mentransfer panas akibat terjadinya fouling yang terdapat pada dinding sebelah dalam. Hal ini sangat mungkin terjadi karena peralatan suling pada CV. HMT dioperasikan 12 kali penyulingan dalam sebulan , sehingga dalam jangka waktu 2 tahun terjadi 288 kali penyulingan tanpa adanya perawatan berkala. 
        Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh fouling terhadap laju perpindahan panas pada dinding ketel yang mengakibatkan penurunan efektifitas kerja dari sistem.
Pdf file: download

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar